RSS Feed

GNOTA PRESS CONFERENCE

1. MATERI PROGRAM

1.1 Latar Belakang

· Nama program : “GNOTA Goes Online”

· Tag line : Mudahnya menjadi orang tua asuh.

· Situs web : www.gnota-goesonline.com

· Pengertian GNOTA Goes Online

GNOTA (Gerakan Nasional Orang Tua Asuh) Goes Online adalah suatu program yang dibuat dalam bentuk situs web resmi untuk memudahkan siapa saja menjadi orang tua asuh secara online.

GNOTA Goes Online tidak menggantikan situs resmi GNOTA yang sudah ada, tetapi keberadaannya justru semakin melengkapi dan membuat situs web resmi GNOTA menjadi lebih atraktif dan efektif. Atraktif karena program ini dapat menjadi sarana komunikasi yang efektif antara orang tua asuh dengan lembaga GNOTA sendiri, dalam mengetahui perkembangan anak asuh. Program ini juga efektif karena membantu mereka yang ingin menjadi orang tua asuh namun sibuk, agar dapat tetap berperan menjadi orang tua asuh hanya dengan membuka situs ini.

Seperti dijabarkan dalam pengertian di atas dan disebutkan pula dalam tag linenya, program ini dibuat untuk memudahkan siapa saja yang ingin menjadi orang tua asuh. Para orang tua dan profesional, dapat menggunakan secara maksimal situs ini untuk mengetahui perkembangan anak yang diasuhnya itu tanpa perlu khawatir akan kesibukannya sehingga merasa tidak sempat berperan aktif menjadi orang tua asuh.

Situs web ini menyediakan fasilitas komunikasi yang lengkap dan mudah untuk dijalani, mulai dari pertama bergabung menjadi orang tua asuh, memilih profil anak yang akan diasuh, melakukan pembayaran sebagai dana pendidikan dan pengasuhan, sampai mengikuti perkembangan anak asuhnya tersebut.Semuanya ini dibuat semata-mata untuk memudahkan siapa saja yang tergerak hatinya untuk mengasuh anan-anak yang layak dibantu.

· Manfaat GNOTA Goes Online

Seiring dengan pembutannya yang lebih atraktif dan bersifat melengkapi situs web yang lama, GNOTA Goes Online juga dapat memberikan banyak manfaat pada saat proses implementasinya, antara lain:

1. Orang tua asuh dapat mengetahui perkembangan anak yang diasuhnya secara terperinci tanpa harus bertatap muka dengan anak asuhnya tersebut, apabila orang tua asuh berada dalam kondisi sibuk.

Secara terperinci perkembangan anak akan disampaikan lewat informasi mengenai perkembangan pendidikannya, prestasi belajarnya, serta proses belajar yang sedang diembannya. Tentu saja orang tua asuh yang ingin mengunjungi anak asuhnya juga dapat diatur pertemuannya dengan bantuan pihak GNOTA.

2. Memudahkan penyaluran dana secara lebih terkredibel.

Proses pembayaran dana pendidikan dan pengasuhan dapat lebih terpercaya karena situs ini resmi diakui oleh pihak GNOTA serta perkembangannya selalu diperhatikan. Para calon orang tua asuh dapat lebih mantap akan penyaluran dana yang dilakukannya, ke lembaga yang memang merupakan tangan yang tepat.

3. Adanya transparansi atau keterbukaan dalam penggunaan dana, baik dana pendidikan maupun pengasuhan.

Data-data dalam situs web ini selalu diperbaharui dan ditampilkan dalam bentuk yang aman untuk dijadikan informasi bagi pihak-pihak yang berkaitan. Misalnya saja, orang tua asuh A dapat mengakses informasi mengenai pemakaian dana untuk anak asuhnya, dijabarkan pendistribusian dananya.

4. Sebagai sarana komunikasi yang efisien antara orang tua asuh dengan GNOTA.

Komunikasi dapat lebih terjalin lewat informasi yang disajikan. Efisiensi tercipta ketika orang tua asuh tidak perlu bertatap muka untuk dapat mengetahui perkembangan anak yang diasuhnya serta informasi dari pihak GNOTA.

5. Mempererat hubungan antara orang tua asuh, anak asuh, dan GNOTA.

GNOTA Goes Online membuka kesempatan bagi orang tu asuh serta GNOTA untuk mengetahui informasi sebanyak-banyaknya mengenai program orang tua asuh, sehingga mampu mempererat hubungan orang tua asuh dengan anak asuhnya serta GNOTA, sebagai lembaga yang menaunginya.

· Target Audiens

Program GNOTA Goes Online diharapkan dapat menjangkau targetnya seperti di bawah ini:

o Jenis kelamin : Pria dan wanita

o Umur : >17 tahun

o SES : A, B, C1

o Pekerjaan : Pelajar dan profesional

o Lifestyle : Berjiwa sosial, memiliki kepedulian sosial.

1.3 Aplikasi Program

1.4 Penampilan Program

1.5 Analisis SWOT

Kekuatan

· Tampilan situs web yang dibuat semenarik mungkin

· Kemudahan akses dan cara penggunaan situs

· Informasi yang disajikan lebih lengkap

· Fasilitas account transferred

· Fasilitas profil anak-anak asuh

· Pengamanan data yang terjamin

Kelemahan

· Lebih mudah diakses bagi mereka yang memiliki jaringan internet pribadi atau laptop untuk memanfaatkan fasilitas wi-fi di area tertentu.

· Keterbatasan fasilitas untuk berkomunikasi online secara langsung antara orang tua asuh dengan masing-masing anak yang diasuhnya.

· Redupnya profil tentang GNOTA untuk beberapa waktu yang cukup lama.

· Pembaharuan program yang sudah lama tidak digencarkan Gnota.

Peluang

· Lembaga GNOTA merupakan lembaga yang paling dikenal masyarakat khususnya menyangkut program menjadi orang tua asuh.

· Banyaknya program-program TV menyangkut tentang kasih dan kepedulian sosial.

· Maraknya penggunaan fasilitas internet di berbagai kalangan.

· Beberapa area di kota besar memiliki fasilitas wi-fi yang dapat dinikmati terutama orang-orang yang berada di SES A, B, dan C1.

· Dewasa ini, kesibukan jam kerja banyak terjadi di kalangan dewasa atau orang tua.

Ancaman

· Adanya krisis finansial yang nelanda dunia, termasuk masyarakat Indonesia.

· Naiknya harga kebutuhan pokok.

· Toleransi dan kepedulian antarsesama manusia yang semakin mengendur.

1.6 Kesimpulan

Berdasarkan latar belakang, manfaat, serta hasil analisis SWOT, GNOTA Goes Online diharapkan menjadi suatu pembaharuan bagi lembaga GNOTA untuk dapat membawa misi-misinya dalam membantu anak-anak yang kurang mampu agar dapat mengenyam pendidikan maupun terjamin kebutuhan hidupnya.

Situs GNOTA yang baru ini memiliki tampilan yang menarik, kemudahan dalam mengaksesnya, serta beragamnya informasi yang ingin diketahui berkenaan dengan cara-cara menjadi orang tua asuh. Bagi merek yang ingin menjadi orang tua suh namun terhambat dalam urusan waktu, maka keberadaan situs ini amat membantu dalam mewujudkan peran sebagai orang tua asuh meskipun terpaku waktu dan jarak.

Sejauh ini, situs web GNOTA Goes Online ini baru menyediakan akses komunikasi antara orang tua asuh dengan lembaga GNOTA sendiri, namun belum dapat menyediakan akses untuk berkomunikasi secara langsung kepada pihan anak yang diasuhnya. Hal ini dikarenakan berbagai faktor seperti keterbatasan fasilitas untuk menyediakan jaringan internet bagi masing-masing anak asuh.

2. TUJUAN

GNOTA Goes Online memiliki beberapa tujuan yaitu menolong anak-anak Indonesia yang tidak dapat mengenyam atau melanjutkan pendidikan karena berbagai alasan, dengan membantu secara finansial; menolong anak-anak yang hidup secara tidak layak, antara lain berpakaian tidak layak, kekurangan gizi, tidak dapat merasakan pelayanan kesehatan dengan semestinya akibat rendahnya tingkat ekonomi keluarga; menumbuhkan jiwa sosial bagi warga Indonesia pada umumnya, serta secara khusus bagi target audiens, terhadap anak-anak yang tidak mampu secara ekonomi dan tidak memiliki kesempatan mengenyam pendidikan; meningkatkan kemampuan intelejensi anak-anak Indonesia; serta menjadikan masyarakat Indonesia yang lebih harmonis dan suka menolong satu sama lain.

Konferensi pers yang diadakan bertujuan untuk memperkenalkan situs web GNOTA yang baru dan lebih ataktif ini kepada masyarakat umumnya, serta kepada target audiens khususnya; melalui media massa, sehingga keberadaan situs ini dapat diketahui secara meluas.

Dalam konferensi pers ini akan ditampilkan seorang anak yang telah menjadi anak asuh dalam naungan lembaga GNOTA sendiri, serta orang tua asuh yang telah bergabung dengan GNOTA. Mereka akan berbagi kisah mereka sehingga diharapkan target audiens memiliki gambaran serta motivasi menjadi orang tua asuh. Sesi tanya jawab akan disajikan dalam waktu yang cukup lama sehingga melalui pers, masyarakat dapat mengetahui situs web GNOTA Goes Online, yaitu sebagai suatu program yang dibuat dalam bentuk situs web resmi untuk memudahkan siapa saja menjadi orang tua asuh secara online.

3. TARGET PUBLIK

Konferensi pers GNOTA Goes Online memiliki target publik sebagai berikut:

· Media Cetak

o Majalah : GoGirl, Female, Cosmopolitan, Prestige, Bazaar

o Koran : Kompas, Media Indonesia, Sindo

· Media elektonik

o Televisi : Metro TV, RCTI, JAK TV

o Radio : Woman Radio, Sonora, Hardrock FM, Trax FM, Female Radio, Gen FM, Mustang

o Internet :

Media cetak dan media elektronik yang menjadi target publik di atas dapat mewakili target audiens dari program GNOTA Goees Online, yang memiliki SES A, B, dan C1; berprofesi sebagai pelajar maupun profesional. Selain itu, media di atas memiliki pengaruh bagi target audien kami, contohnya para pelajar banyak mendengar siaran radio, para wanita karir yang mengkonsumsi bacaan dari majalah ternama, koran yang menjadi sumber informasi semua kalangan profesional, serta internet yang kini menjamur di berbagai kalangan, termasuk pelajar maupun profesional.

Metro TV merupakan stasiun yang bercitra elegan, terpercaya, serta konsumsi para profesional dalam mencari berita. JAK-TV memiliki tayangan Jakarta’s Event yang menayangkan event-event di Jakarta, termasuk konferensi pers. Sedangkan RCTI merupakan stasiun televisi yang sudah cukup lama berdiri dan memiliki pemirsa yang jumlahnya banyak, serta menjadi salah satu stasiun yang jangkauan areanya se-Indonesia.

Dalam konferensi pers ini, kami menampilkan profil yang berkenaan langsung dengan program GNOTA ini, yaitu orang tua asuh, anak asuh, Ketua GNOTA pusat, serta Ketua Pengurus GNOTA pusat.

4. ACARA

Dalam memperkenalkan GNOTA Goes Online sebagai sitis web terbaru dari GNOTA, cara yang dipilih adalah dengan mengadakan konferensi pers. Segenap wartawan dari berbagai media cetak maupn elektronik diundang dalam acar konferensi pers ini.

Konferensi ini akan menghadirkan pihak dari GNOTA yaitu Ketua GNOTA pusat serta Ketua Pengurus GNOTA pusat. Dalam event ini, akan dijelaskan lebih lanjut mengenai bagaimana GNOTA Goes Online ini dapat memberikan pembaharuan bagi program-program yang ditawarkan oleh lembaga GNOTA serta cara mengakses situs ini. Sebagai profil yang akan memotivasi masyarakat untuk menjadi orang tua asuh, akan dihadirkan seorang anak dan orang tua asuh yang telah begabung dengan GNOTA.

Para wartawan akan diberikan banyak kesempatan untuk mengajukan pertanyaan seputar program ini, yang trebagi dalam beberapa sesi tanya jawab.

RUNDOWN

4. METODE EVALUASI

Konferensi pers mengenai situs web terbaru GNOTA ini tentu akan membawa masukan maupun kritik dari beberapa pihak yang terkait. Adanya masukan-asukan ini tentu dapat semakin memajukan program ini sendiri, sehingga menjadi sebuah situs yang semakin lama semakin atraktif dan berguna.

Setelah konferensi pers berlangsung, akan dilakukan metode evaluasi akan acara yang sidah diadakan. Metode evaluasi ini dapat berguna sebagai pengukur sejauh mana program ini dapat diterima oleh media maupun masyarakat. Adapun metode yang digunakan ialah:

  • Mengkalkulasikan jumlah undangan yang hadir dalam konferensi pers
  • Mengkalkulasikan jumlah penayangan, pencetakan, maupun siaran di media massa.
  • Mengkalkulasikan jumlah orang yang bergabung menjadi anggota GNOTA setelah event konferensi pers diadakan
  • Mengevaluasi dan mendiskusikan konten berita yang ditayangkan, disetak, maupun disiarkan oleh media massa.

Dari hasil yang didapat, dapat diketahui bagaimaa respons media serta masyarakat mengenai keberadaan situs web GNOTA Goes Online. Evaluasi ini dapat memberi gambaran akan perkembangan situs ini selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: