RSS Feed

PRINT MEDIA PRODUCTION WORKSHOP ASSIGNMENT


PRINT MEDIA PRODUCTION WORKSHOP ASSIGNMENT

ANALISA BROSUR ATAU LEAFLET DARI:

PROFIT AND NON-PROFITORGANIZATION

CAMPUS OR COMMUNITY

OLEH:

KELOMPOK EAST STAR

Logo East Star


Alta Windiana (2006100141)

Cindy Christy Arum (2006100797)

Fransiska (2006100059)

Ira Humaira (2006101007)

Ivonne Tries Yuarta (2006100209)

Yoga Dharma Jati (2006100916)

MC10-5B

STIKOM THE LONDON SCHOOL OF PUBLIC RELATIONS-JAKARTA


A. BROSUR DAN LEAFLET PERUSAHAAN (PROFIT DAN NON-PROFIT)

1. Non Profit

Nama Perusahaan: Yayasan Bina Usaha Lingkungan (YBUL)

a. Tujuan :

· Memperkenalkan YBUL sebagai NGO (Non-Governmental Organization) yang bergerak di bidang lingkungan.

· Mengajak masyarakat untuk peduli terhadap bumi dan lingkungan hidup.

b. Intended / Target Audience :

· Gender = Male, Female.

· SES = A dan B.

· Age = 24 – 50

· Lifestyle = Care about environment.

· Occupation = Executive and Professional.

c. Writing style :

· Bilingual (Setiap halaman diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris).

· Formal dan baku.

· Detailed Information (Informasi yang ditulis mendetail dan terperinci).

d. Typeface :

· Tulisan yang disajikan terlalu penuh dan padat.

· Font nya terlalu kecil sehingga membuat mata pembaca menjadi lelah.

e. Artwork :

· Brosur ini mempunyai kemasan yang menarik dan berbeda dari yang lain, namun halaman isi yang terpisah – pisah membuatnya mudah tercecer sehingga membuat pembaca bingung harus memulai darimana.

· Grafik atau gambar – gambar yang ditampilkan cukup menarik namun resolusi gambar yang terlalu kecil membuat gambar menjadi ’pecah’ saat gambar diperbesar.

· Perbandingan antara gambar dan tulisan tidak seimbang. Terlalu banyak tulisan.

Artwork:

Gambar “pecah” (grainy) karena diperbesar, dan jumlahnya tidak sebanding dengan tulisan.

Typeface:

Tulisan terlalu padat dan kecil sehingga membuat mata lelah.

f. Paper stock :

Jenis kertas = – Art paper doff (kemasan brosur).

– Glossy art paper (content brosur).

Kualitas kertas yang digunakan sudah baik sehingga menciptakan citra perusahaan yang baik

g. Effectiveness :

Brosur ini sudah cukup menarik di sisi kemasan dan penampilannya, namun isi brosur tersebut terlalu padat dan tidak ringkas. Ini dapat membuat pembaca bisa saja melewatkan sebuah informasi penting karena banyaknya tulisan.


2. Business/Profit

Nama Perusahaan: Spinach DJ Class.

a. Tujuan :

· Menawarkan paket – paket kelas yang ada di DJ School kepada Target Audiences yang tertarik.

b. Target Audiences :

· Gender = Male, Female.

· SES = A,B

· Age = 16-25

· Lifestyle = dynamic, active, and energic

· Occupation = student, college student, young professional

c. Writing Style:

· Informasi yang diberikan singkat tetapi to the point (kalimat deklaratif)

· Effek kalimat yang digunakan jelas, padat, dan tidak bertele – tele.

d. Typeface :

· Antara judul dan keterangan digunakan jenis font yang berbeda tetapi terlihat serasi.

· Judul – judul, kalimat ajakan untuk menjadi anggota dan kontak bagian informasi dibuat ”bold” (huruf tebal) untuk mempertegas pesan yang disampaikan.

e. Artwork :

· Gambar yang ditampilkan cenderung kurang.

· Gambar yang ditampilkan terlihat blur.

· Penyajian flyer ini cukup unik karena backgroundnya menggunakan background amplop surat yang dilipat sehingga terkesan seperti membuka surat.

· Tampilan flyer ini cenderung biasa saja dan kurang ramai, tidak sesuai dengan profesi seorang DJ.

Artwork:

Gambar yang ditampilkan blur dan cenderung tidak jelas

Artwork:

Desain keseluruhan unik dan menarik, namun kurang dekorasi yang akan menjadikan leaflet ini lebih eye catching

Typeface:

Tulisan yang penting dibuat bold dan besar untuk menarik perhatian.

f. Paper stock

Jenis kertas : glossy art paper (A4) dengan ketebalan kertas yang tidak terlalu berat. Hal ini sesuai dengan konsep flyer. Namun, kualitas kertas terlalu tipis sehingga mudah lecek.

g. Effectiveness

Dari segi content, sudah sesuai dengan konsep leaflet yang menggunakan kalimat deklaratif (kalimat yang singkat dan langsung to the point).

Konsep background cukup unik dan menggunakan background menyerupai amplop surat, hanya saja cenderung kurang attractive karena desainnya ”sepi”, tidak sesuai dengan image seorang DJ.


B. CAMPUS/COMMUNITY BROCHURE

  1. Name : Digital Studio College

Background :

Digital Studio College adalah sebuah institusi pendidikan di bidang visual communication yang berdiri sejak tahun 2000. Brosur ini ditujukan untuk Target Audience yang tertarik untuk mendalami ilmu di bidang Visual Communication.

  1. Purpose :

· Untuk memperkenalkan Digital Studio College kepada masyarakat, terutama calon siswanya mengenai program studi yang disediakan, para alumni, aktivis yang ada, penghargaan yang sudah diraih, dll.

· Untuk menarik para calon siswanya agar mereka tertarik pada program-program yang ditawarkan Digital Studio College dan akhirnya mendaftar.

  1. Target Audience :

Gender : Male, Female

SES : A, B

Age : 16 – 26

Occupation : High School student, college student, young professional.

Life Style : creative, dynamic, energic.

  1. Theme : “We Are The Idea Factory”

Isi Brosur:

Profil

Program Studi

Lulusan

Akltivitas social

Kerjasama dengan instansi luar negeri.

Pennghargaan yang diraih oleh murid – muridnya.

Informasi akademis.

  1. Estimated unit distributed: 5000 eksemplar brosur @ Rp 10.000,00

Estimated Cost: 5000 x Rp. 10.000= Rp 50.000.000,00

f. Life Span :

Kurang lebih 3 tahun, karena informasi di dalamnya bersifat jangka panjang dan dapat bertahan hingga 1 – 2 angkatan siswa (dimana 1 angkatan berkisar 2 tahun).

g. Distribution :

Sekolah – sekolah terutama Sekolah Menengah Atas dan kampus-kampus atau universitas di Jakarta.

  1. Production Schedule :

(next page)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: