RSS Feed

ANALISIS ANNUAL REPORT BANK BII 2007

1. a. Purpose

Tujuan dari Annual Report BII 2007 adalah untuk menyediakan data finansial dan deskripsi mengenai operasional perusahaan kepada para pemegang saham (investor) serta membangun citra BII yang baik di mata publik lewat laporan-laporan mengenai berbagai penghargaan dan kinerja perusahaan.

b. Audiences

Annual Report BII 2007 ditujukan bagi dua audiensnya yaitu, pemegang saham dan publik.

• Pemegang saham (investor)
Terlihat dari adanya:

o Bagian Corporate Information (Informasi Perusahaan), tertuang dalam subjudul:

1) Investor information (Informasi bagi Pemegang Saham), meliputi identitas perusahaan, keterangan kantor pusat, kantor wilayah, kantor cabang, kantor akuntan publik, pencatatan saham, dan Biro Administrasi Efek.
2) Share highlight (Ikhtisar Saham) berisi mengenai komunikasi dengan para pemegang saham/analis.

o Message from the President Commissioner (Sambutan Presiden Komisaris), menyinggung soal pembagian dividen yang akan diterima di tahun 2007 bagi para pemegang saham.

• Publik (umum)

Adanya pembentukan citra perusahaan yang baik bagi public serta promise kegiatan tanggung jawab sosial/Corporate Social Responsibility (CSR), tertuang dalam:

o Bagian Corporate Information (Informasi Perusahaan), tertuang dalam subjudul Recognition (Penghargaan), berisi mengenai penghargaan yang diterima selama setahun.

o Operating Review (Tinjauan Operasional)
1) Starting Each Day Forever
a. Menyebutkan moral karyawan BII:
Moral karyawan BII sangat tinggi – mereka mengawali hari-harinya dengan penuh semangat sambil meneriakkan moto penjualan.
b. Menyebutkan moto penjualan BII dalam melayani nasabah
“Customer’s STAR kita BISA”
Service Excellence harus BISA”
Pelayanan TOP pasti BISA”

c. Berisikan info pelayanan dan penjualan

2) Saving Together
Informasi mengenai koordinasi yang dilakukan BII antara perbankan konsumer dan wealth management.

3) Winning Together
Bentuk kemitraan strategis BII dalam memberikan bantuan kredit terhadap UKM/Komersial dan korporasi.

4) Growing Together
Perkembangan dan peran BII dalam penyediaan dana bagi grup yang berkembang.

5) Learning Together
Cara kerja BII untuk menghasilkan hubungan yang lebih erat antara semua bagian di BII.

o Highlights of 2007 (Ikhtisar Peristiwa 2007)
o Community (Komunitas), mengenai program-program CSR yang dilakukan oleh BII.

c. Content

Annual Report BII 2007 merupakan contoh annual report yang baik karena unsur-unsur yang harus dipenuhi dalam sebuah annual report ada. Unsur-unsur tersebut adalah:

• Financial summary
Tertuang dalam Financial Review(Tinjauan Keuangan) dan Consolidated Financial Highlight (Ikhtisar Keuangan Konsolidasian). Berisi mengenai:

o Income for the year
o Loans(gross), total asset, deposits, shareholder’s equity.
o Financial ratio
o Shares

• Letter from the chief executive

Tertuang dalam bagian Message from the President Commissioner (Sambutan Presiden Komisaris). Dalam tulisannya, Ernest Wong Yuen Weng, selaku Presiden Komisaris, meyampaikan kemajuan dan perkembangan BII yang telah dicapai tahun 2007, kebijakan manajemen, serta tinjauan ke depan.

• Corporate description

Tertuang dalam Corporate Information (Informasi Perusahaan).Berisi mengenai struktur organisasi, informasi bagi pemegang saham, ikhtisar saham, produk dan layanan keuangan, anak perusahaan, penghargaan, dan jaringan kantor cabang seluruh Indonesia.

• Narrative section describing operations

Tertuang dalam Operating Review (Tinjauan Operasional). Meliputi Starting Each Day Forever, Saving Together, Winning Together, Growing together, Learning Together

• Balance sheet and income statement

Tertuang dalam bagian Financial Report (Laporan Keuangan), yaitu ‘Neraca konsolidasian dan bank 31 Desember 2007 dan 2006’ serta ‘Laporan perubahan ekuitas konsolidasian dan bank untuk tahun yang berakhir pada tanggal 31 Deesember 2007 dan 2006.’

• Statement of sources and use of funds

Tertuang dalam Report of the Implementation of Good Corporate Governance ( Laporan Pelaksanaan Good Corporate Governance). Laporan ini menunjukkan bahwa BII memiliki komitmen untuk melaksanakan tata kelola perusahaan yang baik dan transparan.

• Notes to financial statement
Tertuang dalam Financial Report (Laporan Keuangan), yaitu ‘Catatan atas laporan keuangan konsolidasian dan bank 31 Desember 2007 dan 2006.’

• Auditor’s statement
Tertuang dalam Financial Report (Laporan Keuangan), yaitu ‘Laporan auditor independent kepada para pemegang saham.’ Laporan ini dibuat oleh seorang Akuntan Publik.

• Ten-year statistical summary
Tidak disertakan dalam kurun waktu 10 tahun. Namun BII menyertakan kinerja perusahaan selama 1 tahun, mulai Januari sampai Desember 2007 yang tertuang dalam Highlights of 2007 (Ikhtisar Peristiwa 2007).

d. Style
Oleh karena audiens dari annual report ini adalah para pemegang saham dan publik, maka style dari annual report ini pun dibuat formal. Gaya penulisan dibuat dengan bahasa yang baku dan sopan. Annual Report juga disajikan dalam dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Struktur penulisan dibuat formal dan rapi.

2. Terdapat dua letter from chief executive di dalam Annual Report BII 2007, yaitu Sambutan Presiden Komisaris dan Laporan Presiden Direktur. Berdasarkan struktur organisasi tertinggi, kami menganalisa kata sambutan dari Presiden Komisaris.

Dua paragraph yang kami rasa tidak jelas adalah:

a. Paragraf 2:

“Laba bersih tahun 2007 adalah sebesar Rp 405 milyar dibandingkan Rp 634 milyar di tahun 2006. Jumlah pajak yang dibayar bertambah karena akumulasi kerugian fiscal tahun-tahun sebelumnya telah digunakan seluruhnya dan BII telah menjadi pembayar pajak penuh di 2007. Faktor utama yang mempengaruhi perolehan di 2007 adalah kerugian yang dialami oleh WOM Finance akibat meningkatnya penyisihan kredi bermasalah pada anak perusahaan ini.”

b. Paragraf 4:

“Perekonomian Indonesia mencapai pertumbuhan 6,3% di 2007, tertinggi dalam 10 tahun terakhir, dan permintaan kredit bertambah karena suku bunga pinjaman turun. Menjelang akhir tahun, kenaikan harga-harga minyak dan komoditas menyebabkan peningkatan inflasi yang membatasi kemampuan Bank Indonesia (BI) menurunkan tingkat suku bunga secara agresif. Tingginya harga-harga komoditas dan energi terus bertahan sepanjang tahun dan mendorong kinerja ekspor batubara, minyak dan gas, mineral dan minyak kelapa sawit.”

Analisa dua paragraph di atas adalah:

a. Paragraf 2 kami menilai bahwa kalimat yang digunakan kurang jelas mengartikan maksud dari kalimat tersebut, cenderung klise; contohnya fakta bahwa laba bersih tahun 2007 sebenarnya lebih kecil, namun kalimat pertama pada paragraph 2 terkesan mengaburkan fakta ini. Maka perubahan yang kami tulis ulang untuk paragraph 2 adalah sebagi berikut:

Dua hal yang berpengaruh terhadap perolehan di tahun 2007 adalah bertambahnya jumlah pajak yang dibayar akibat kerugian fiscal di tahun-tahun sebelumnya, serta kerugian yang dialami oleh WOM Finance karena penyisihan kredit pada anak perusahaan ini meningkat. BII sebagai pembayar pajak penuh, memenuhi kewajibannya dan lewat tim manajemen yang baru, membawa WOM Finance ke jalur pemulihan; sehingga di tahun 2007 BII berhasil memperoleh laba bersih sebesar Rp 405 milyar. Sementara tahun 2006, laba bersih adalah Rp 634 milyar.

b. Paragraf 4 berisi mengenai perkembangan ekonomi di Indonesia. Paragraf dapat dibuat lebih jelas khusus mengenai pengaruhnya terhadap dunia perbankan. Kami memindahkan letak kalimat agar hal tersebut dapat lebih jelas dicerna.

Perekonomian Indonesia mencapai pertumbuhan sebesar 6,3% di tahun 2007, tertinggi dalam 10 tahun terakhir. Harga-harga komoditas meningkat dan energi terus bertahan sepanjang tahun dan mendorong kinerja ekspor batubara, minyak dan gas, mineral dan minyak kelapa sawit. Dalam perbankan, tingginya harga-harga komoditas dan minyak menyebabkan peningkatan inflasi yang membatasi kemampuan Bank Indonesia (BI) menurunkan tingkat suku bunga secara agresif. Permintaan kredit juga bertambah karena suku bunga pinjaman turun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: