RSS Feed

TEH TARIK MALAYSIA

Kata “tarik” pada frase “teh tarik” pasti membuat bingung jika belum mengetahui apa itu teh tarik. Disebut tarik karena sebelum dihidangkan, teh ini dibuat dengan cara ditarik-tarik terlebih dahulu di dalam sebuah wadah besar atau biasanya cangkir alumunium berukuran besar.
Teh tarik sebenarnya minuman yang berasal dari India bagian selatan. Ketika orang-orang India ini berimigrasi ke Asia Tenggara seperti Malaysia dan Indonesia bagian barat, mereka turut memperkenalkan pembuatan teh tarik ini.
Teh tarik sekarang menjadi minuman khas negeri jiran Malaysia. Teh ini adalah campuran dari susu kental dengan teh. Teh tarik cocok dihidangkan baik dalam keadaan panas ataupun dingin.
Di restoran khusus makanan Malaysia yang berada di Indonesia, selalu menyajikan teh tarik, karena minuman ini merupakan minuman khas yang kalau tidak ada, terasa kurang dalam penyajian santapan khas Malaysia. Terkadang ada beberapa restoran yang memperlihatkan cara pembuatan teh tarik secara langsung kepada pengunjung yang datang. Si pembuat teh biasanya harus “menarik-narik” gelas berisi teh dan susu itu kurang lebih sebanyak enam kali agar tercampur dengan sempurna. Untuk menariknya juga diperlukan keahlian khusus karena kalau tidak, teh yang ditarik dapat tumpah.
Di Indonesia, lokasi yang dapat dikunjungi sebagai tempat hidangan teh tarik salah satunya adalah di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau serta Aceh.. Harganya pun murah, kisaran Rp.6000,- sampai Rp. 10.000,-. Di Malaysia, teh tarik dijual dengan harga dua ringgit enam puluh lima sen. Ini adalah harga teh tarik yang dihidangkan di restoran KFC Desa Pandan, Kuala Lumpur. Sementara di “warung mamak” atau warung makanan biasa, bukan di restoran besar, harganya satu ringgit saja.
Satu hal yang menarik tentang harga teh tarik di “warung mamak” ini adalah penjual dapat kena sanksi undang undang kawalan harga, bila menjual teh tarik dengan harga lebih dari satu ringgit. Hukumannya bias dipenjara atau kena denda. Ada pula polisi ronda untuk mengawasi proses jual beli ini
Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat teh tarik adalah:teh kering seduh, teh bubuk, susu kental manis, dan susu cair. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:
1. Teh kering dan teh bubuk diseduh sampai kental kemudian saring.
2. Tuangkan hasil seduhan kedua teh tersebut ke dalam gelas sampai seperempat gelas.
3. Masukkan susu kental manis dan susu cair, kemudian tuang air panas hingga gelas penuh.
4. Siapkan wadah besar yang ukurannya lebih besar dibanding gelas yang sudah dipakai.
5. Tuang isinya ke dalam wadah besar tersebut dengan cara ditarik ke arah yang berlawanan, sehingga menghasilkan buih pada waktu isinya dituang ke dalam gelas kembali. Jika sudah berbuih, maka teh siap untuk dihidangkan.
Teh tarik telah menjadi minuman khas tidak resmi orang Malaysia. Meskipun teh tarik telah menjadi favorit di lidah banyak orang Indonesia, namun dikabarkan bahwa teh tarik tidak baik untuk kesehatan karena kandungan gula yang terlalu berlebih sehingga dapat mendorong timbulnya penyakit diabetes.

Sumber:

http://www.resto.co.id/sb/goyanglidah49.htm?ujudul=TEH%20TARIK,%20Minuman%20legenda%20dari%20Malaysia
http://www.darulbayan.com/v2/index.php?option=com_content&task=view&id=2997&Itemid=9
http://wisatamelayu.com/id/object/789/kopi-tarik-dan-teh-tarik/?nav=cat
http://public.kompasiana.com/2009/07/12/sarapan-nasi-lemak-dan-teh-tarik-di-kfc-oenak/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: