RSS Feed

FEATURE

PRESIDEN PALING SUKA MAKAN TAHU

Presiden juga manusia. Mungkin ini ungkapan paling tepat ketika rakyat Indonesia mendengar kabar jatuh sakitnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Betapa tidak mengejutkan, kunjungan ke beberapa daerah selama dua hari, yaitu Pangkajene, Sulawesi Selatan serta Banjarmasin, terpaksa dibatalkan begitu SBY sakit. Mengingat peristiwa ini, tidak ada salahnya bila kita coba mengintip menu-menu makanan favorit SBY. Konon penyakit SBY juga tidak jauh dari urusan perut, yakni nyeri lambung.

Kalau urusan makanan Presiden, Kepala Koki Istana, Atun Budionolah yang paling familiar dengan hal yang satu ini. Atun terbiasa sigap menyiapkan santapan istana 45 menit sebelum waktu makan keluarga istana. Perempuan berusia 51 tahun ini tahu persis makanan kesukaan Presiden SBY. Bila ditanya, jawabannya mudah saja. Tahu pong Sumedang. Ya, itulah makanan favorit SBY.

Seringkali sepulang dari kunjungan kenegaraan, beliau selalu rindu panganan yang satu ini. Pernah terjadi setelah kunjungan ke Finlandia, Norwegia, dan Kuba, kemudian berlanjut ke Padang, beliau mengeluh sudah tiga minggu tidak menyantap tahu pong kesukaannya.

Tahu pong SBY harus asli dibuat oleh perajin tahu Sumedang. Selain itu, teknik memasak, racikan bumbu, serta cara penyajiannya pun disesuaikan dengan selera Presiden.

Cara memasak tahu ini, pertama-tama tahu putih Sumedang dipotong kecil-kecil, kemudian direndam ke dalam minyak kelapa murni Virgin Coconut Oil Laurico. Tak ketinggalan si kecil cabe rawit menambah gurihnya tahu pong santapan SBY. Atun membiarkan tahu-tahu tersebut tergoreng setengah matang, kemudian ia membolak-balikkan tahu hingga kering seperti tahu pong. Kata SBY, belum matang kalau masih ada daging tahunya.

Ottyawati Adji, Kepala Biro Pelayanan Kerumahtanggaan Rumah Tangga Istana, tak lupa menambahkan kisah SBY seputar kuliner. Otty bercerita kalau SBY lebih suka makanan rumahan dibandingkan hidangan hotel. Beliau dan keluarga menyukai makanan cita rasa khas Jawa Timuran yang condong pedas, manis, asin. Selain itu, makanan yang disajikan juga harus dihidangkan panas-panas.

Beliau ini satu-satunya Presiden kita yang memilih masakan hasil olahan koki khusus. Mantan Presiden Abdurrahman Wahid contohnya, beliau menggunakan jasa katering sebagai menu makanannya, sama seperti mantan presiden lainnya.

Menu lain yang disukai SBY adalah kacang rebus, soto bangkong, nasi goreng, dan empal gentong. Beliau juga suka dihidangkan paket menu sayur labu siam, ayam suwir, telur pindang, dan tak ketinggalan sayuran dan makanan berkuah.

Kalau Beliau harus ke luar negeri, terkadang ia juga dibekali balado teri medan kacang dan ikan sepat cabai hijau oleh tim jamuan. Pada saat puasa pun juga ada menu favorit tersendiri, yaitu kolak pisang, lengkap dengan nangka, tape, dan santan. Minumannya es kelapa muda dan sirup marjan. Lain lagi menu sahurnya, ayam goreng dan telur ceplok.

Kesempatan berbuka puasa bersama rekan-rekan wartawan pun diwarnai dengan hidangan soto tahu campur yang lezat. Menariknya, pada momen itu SBY tetap minta dibuatkan tahu pong oleh Atun.

SBY memang tidak bisa lepas dari tahu pong kesukaannya. Kecintaannya kepada masakan nusantara pun patut diacungi jempol. Barangkali kejadian jatuh sakitnya SBY karena nyeri lambung bukan soal makanan. Maklumlah, persoalan negeri ini kan tidak sedikit. Boleh jadi hari ini SBY di Jakarta., besok sudah terbang entah ke belahan negara mana, semata-mata hanya untuk kepentingan anak bangsa.

Fransiska

MC10-5B

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: